Hanya butuh waktu 5 menit dari stasiun Sugamo di jalur JR Yamanote, Anda bisa mendapatkan sensasi yang berbeda dengan kunjungan Anda ke Tokyo. Tempat ini tidak sepopuler Harajuku yang dipenuhi anak muda berpakaian ‘nyentrik’, tapi di sini terkenal dengan sebutan “Harajuku for Grannies”. 

Ketika keluar dari stasiun Sugamo, banyak warga Jepang usia lanjut berpakaian modis yang berjalan-jalan di sekitar kawasan ini. Mungkin tujuannya sama, yaitu mau berbelanja di Jizo-dori. Kawasan perbelanjaan sepanjang 800m yang menjual berbagai macam barang dari makanan hingga pakaian. 

Gerbang masuk Jizo-dori

Di sepanjang jalan dipenuhi pertokoan. Tapi ada satu toko yang tidak biasa, yakni toko pakaian dalam khusus berwarna merah. Ya, semuanya warna merah, dari pakaian dalam yang biasa sampai yang seksi ada di sini. Namanya toko Maruji. Kenapa semua merah? Konon warna merah dipercaya bisa melancarkan aliran darah dan memberi kekuatan pada tubuh agar tetap prima. Cocok untuk kaum usia lanjut. Tapi anak muda boleh juga membelinya, kok..

Tempat ini juga memiliki kuil yang terkenal untuk meminta kesembuhan. Kuil Koganji ini memiliki sebuah patung bernama Arai Kannon yang dipercaya dapat memberikan kesembuhan berbagai penyakit. Caranya adalah memandikan patung kebagian tubuh yang dikeluhkan. Basuhlah kaki patung jika kaki Anda sakit, dan lain sebagainya. Banyak orang mengantri untuk dapat memandikan patung ini. Masih di pelataran kuil, banyak kios yang menjual berbagai pernak-pernik berdoa dan lucky charm berbagai bentuk dan warna. Berjalan menyusuri Jizo-dari sangatlah menyenangkan. Anda bisa mengicipi berbagai makanan yang dijual secara gratis dengan keramahan sang penjual, pasti Anda akan membelinya juga pada akhirnya. Ada pula daifuku, makanan manis yang terbuat dari tepung beras, dan lain sebagainya. Banyak hal yang tidak bisa Anda temukan di daerah Tokyo lainnya. Udara yang sejuk di musim gugur, tidak ada bisingnya suara mobil ataupun motor membuat tempat ini damai.  Peta Sugamo