Untuk membuat sorbet ini, Anda tidak perlu menggunakan stroberi yang besar dan mahal. Stroberi kecil yang dikemas dalam paket plastik saja sudah cukup. Agar lebih mudah, gunakan blender untuk melembutkan stroberi. Tentunya sorbet sudah terasa enak meskipun Anda hanya menggunakan stroberi. Namun, dengan penambahan daun kemangi, sensasi segar di mulut akan lebih meningkat.

Jumlah kemangi dalam panduan ini kira-kira saja. Untuk mendapatkan tingkat kesegaran yang diinginkan, silakan tambah kemangi sesuai selera.

Anda juga bisa mengikuti takaran gula sesuai dengan panduan. Atau, sesuaikan dengan rasa stroberi supaya rasa manisnya pas. Jika rasa terlalu manis, tambahkan sedikit lemon atau jeruk nipis. Lebih baik sorbet dibuat lebih manis sebelum didinginkan agar saat disajikan rasa manisnya terasa pas. Sebab, proses pendinginan akan menurunkan kadar rasa manis. Jika ingin tekstur yang lebih lembut di mulut, penambahan gelatin bisa jadi pilihan. Meskipun tanpa gelatin, sorbet tetap enak dan menyegarkan karena penggunaan gelatin tidak mempengaruhi rasa.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan
stroberi (buang tangkainya) 450 g
kemangi segenggam (sekitar 15 g)
gula 100 g
air 150 cc
<Pilihan>
bubuk gelatin 1 sendok makan
air 1 sendok makan

Persiapan
・Cuci bersih stroberi lalu tiriskan.
・Jika Anda menggunakan gelatin, rendam gelatin dengan air dengan perbandingan air:gelatin 1:1.

Cara Masak
1.    Panaskan gula dengan air sesuai resep sampai mendidih. Sambil aduk hingga larut. Matikan api dan diamkan sejenak.
<Pilihan> Jika Anda menggunakan gelatin, matikan api terlebih dulu baru masukkan gelatin. Gelatin tidak akan mengeras setelah mendidih.

2. Masukkan kemangi, stroberi,dan 2/3 larutan gula ke blender. Lembutkan sampai rata. Cicipi adonan sorbet. Kalau kurang manis, tambahkan sisa larutan gula sesuai selera Anda.

3. Masukkan adonan sorbet ke kantong plastik dengan ziplock lalu buat hampa udara dan merata. Bekukan di dalam freezer.

4. Potong kecil adonan sorbet yang hampir beku dan lembutkan lagi dengan blender. Jika mengalami kesulitan, lelehkan sedikit adonan. Setelah adonan halus, tempatkan dalam wadah yang sedikit cekung lalu bekukan kembali di dalam freezer.

 

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Nishimiya Nao
Sudah 7 tahun tinggal di Bandung bersama suami dan dua ekor kucingnya. Suka makan, memasak, dan cinta Kota Bandung.