Menantang diri untuk memotret sepenggal kisah-kisah kecil dari kucing-kucing jalanan di Jakarta di awal tahun 2016. Karya ini terinspirasi dari Mitsuaki Iwago, seorang fotografer asal Jepang yang mendedikasikan hidupnya untuk memotret kucing di seluruh dunia.

Memotret kucing tentu tidak mudah. Apalagi saya ingin foto yang betul-betul alami, tidak memberi makan si kucing sebelum difoto, apalagi membawa kucing atau mengarahkan si kucing agar mau berpose di depan kamera dan dengan angle yang artistik.

Sebelum turun ke jalan, saya mempersiapkan diri dengan melakukan riset kecil tentang karakter kucing. Poin yang menonjol menurut saya adalah kucing suka sekali bersantai di tempat yang sejuk.

Saya pikir, Masjid Istiqlal Jakarta adalah tempat yang ramah dengan kucing. Benar saja, di sana banyak kucing yang beristirahat di tempat sejuk. Ada pula yang ikut beribadah dengan umat Muslim lainnya yang kebetulan sedang salat Jumat.

Terkadang saya bertemu dengan kucing yang ramah dan photogenic, tetapi ada juga kalanya saya bertemu dengan kucing yang galak seperti di pasar ikan. Ia mencoba mengusir saya, tetapi cara mengusir ala kucing tidak membuat saya takut, malah membuat saya ingin memotret seringainya terus.

Karya ini adalah foto dokumenter kecil tentang kucing jalanan di Jakarta. Mungkin di kemudian hari akan ada kisah-kisah kucing dari kota lain atau negara lain. Terima kasih Mitsuaki Iwago untuk semua karya yang telah menginspirasi. Selamat menikmati karya kecil ini.

Salam,
Putri Soesilo (PS)

 

Masjid Istiqlal

Hari Jumat kala itu matahari bersinar dengan cerah dan menghangatkan suasana di hari yang sakral untuk umat Muslim. Ketika ribuan masjid mengumandangkan azan (panggilan salat) untuk mengadakan salat Jumat, masjid terbesar di Jakarta ini sudah dipenuhi oleh umatnya.

Sebelum memasuki masjid, semua umat yang ingin salat melepaskan alas kakinya sebelum “batas suci”. Mereka berbondong-bondong masuk untuk beribadah dan berteduh dari pancaran sinar matahari yang semakin menyengat ketika jam menunjukkan hampir pukul 12 siang.

Tak jauh dari batas suci, terlihat kucing kecil sedang tertidur pulas di teras masjid yang berwarna merah bata. Menikmati teduhnya masjid dengan merdunya kumandang azan dan semilir angin Jakarta. Pulas sekali kelihatannya!

Tak jauh dari si kucing kecil, ada pula kucing-kucing lain yang ternyata juga datang untuk sekadar bermain bersama atau tidur siang. Ada pula yang ikut salat!

Tingkah laku mereka begitu spontan. Ketika saya mencoba mendekati mereka, bukannya takut malah mereka menghampiri seakan menyapa dan ingin mengobrol. Ada pula yang malu-malu mengintip dari ventilasi khas Masjid Istiqlal yang dirancang oleh orang beragama Kristen, Frederich Silaban, tahun 1951. Dari balik bulatan-bulatan itu, ada yang mengintip sekaligus berpose di depan kamera, si kucing hitam-putih.

dscf0868dscf0990 dscf0963 cat dscf0924 dscf0894 Cat dscf0932 dscf0891

Pasar Baru

Banyak gang sempit di belakang keramaian Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di sanalah tempat yang nyaman bagi para pekerja di pasar untuk tidur siang sambil ditemani kucing Pasar Baru.

dscf1017

Pantai Indah Kapuk

Di Jakarta, mudah sekali menemukan neko di tempat yang ramai dengan orang sedang makan. Tak jauh dari Muara Angke, Pantai Indah Kapuk, ada sekelompok neko, panggil saja Neko Team sedang menunggu sisa makanan. Tiap kucing menjaga satu orang untuk menunggu makanan. Siap graaakk!

dscf1317

Muara Angke (Pasar Ikan)

Pasar Ikan Muara Angke selalu menjadi destinasi untuk berbelanja berbagai macam hidangan laut. Berbagai macam ikan, cumi-cumi, udang dan hasil laut lain dijual dengan jumlah yang besar dan harga yang murah. Bersebelahan dengan pelabuhan Jakarta, pasar ini adalah tempat pertama ketika ikan sampai di daratan.

Di mana ada ikan, di situ ada kucing. Namun, tidak di pasar itu ketika semua ikan telah terjual habis dan hanya sisa tempat-tempat ikan yang kosong. Sedikit sulit jika ingin bertemu “si manis Neko” di sana. Mungkin mereka sudah bosan dengan bau ikan yang menyengat dan memilih untuk tidur di antara tempat-tempat untuk jual ikan yang telah kosong.

Kucing suka sekali tempat yang teduh dan jauh dari jangkauan manusia. Kucing di Muara Angke ini berbadan cukup besar, pastinya karena mereka seakan tinggal di surga kucing! Ikan di mana-mana…

Ada pula neko yang mengawasi orang-orang yang mengangkut cumi-cumi ke pasar, seakan penasaran apa yang dibawa. Namun, terlalu malas untuk mengejarnya.

Beberapa kucing di siang itu bermalas-malasan. Sudah kenyang makan ikan, tidur siang adalah kegiatan mengasyikkan sambil menunggu jam malam. Mungkin makan malam ala kucing Muara Angke adalah ikan-ikan segar yang dibawa nelayan malam nanti. Adakah?

Truk pengangkut ikan pun berlukiskan wajah kucing yang elegan. Duduk dengan rapi seperti siap menerima ikan-ikan dari para nelayan. Sedangkan, para nelayan sibuk mengangkut ikan ke dalam truk.

dscf1121 dscf1195 dscf1191 dscf1175 dscf1170 dscf1163 dscf1158 dscf1154 dscf1128Situ Lembang

Ada satu wilayah di Jakarta yang mempunyai banyak taman-taman indah, yakni Jakarta Pusat. Tepatnya di daerah Menteng. Situ Lembang adalah kolam besar yang airnya berasal dari sumber mata air yang terdapat banyak tanaman teratai di atasnya. Dikelilingi taman asri yang sangat cocok untuk bersantai menikmati sore Jakarta.

Sudah pasti di tempat yang asri dan sejuk ini ada kucing yang sedang bersantai atau berjalan-jalan mengitari taman dengan melenggang santai. Anggap saja mereka sedang berjalan di atas “cat walk”, tetapi ini benar-benar “CAT WALK”. Banyak neko yang sedang bersantai di balik semak-semak tanaman yang dirawat dengan indah. Mereka seakan tidak mau dinganggu oleh siapa pun di sore itu.

Angin yang semilir menambah kesejukan di sore itu. Tidak semua kucing bersantai. Ada kucing yang sedang mengawasi pembangunan rumah di sebelah taman Situ Lembang, seakan menjadi pengawas pembangunan rumah.

Ada juga satu kucing yang menjaga gerobak sampah untuk tanaman. Mungkin kucing ini adalah kucing taman yang peduli akan keindahan di taman ini. Terima kasih sudah menjaga taman Situ Lembang, ya…

dscf1488 Jakarta no neko dscf1535 dscf1518 dscf1500