Zenzai
Sajian pencuci mulut dengan rasa manis khas Jepang yang terkenal. Bahan utamanya adalah kacang merah dan gula yang dimasak bersamaan. Umumnya, dimasak dengan mochi atau dango putih (kue beras). Kadang-kadang, ada pula yang menambahkan kuri (chestnut). Sajikan dengan rumput laut asin untuk menguatkan rasa manisnya.

 

dscf5429Bahan
kacang merah kering    300 g
gula pasir    300 g
garam    1 jumput
mochi    sesuai selera

 

Cara Masak
Cuci kacang merah kering dan rendam dalam air selama beberapa jam lalu rebus. Setelah mendidih, buang airnya saja. Tuangkan air yang baru sampai melebihi sekitar 5 cm dari kacang merah. Lalu, masak dengan api kecil. Jika airnya berkurang, tambahkan air lalu rebus kembali sampai kacang merah benar-benar empuk.

Lama waktu merebus bergantung pada kondisi kacang, kira-kira 2 sampai 3 jam. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keadaan kacang merah dan panci.

Ketika biji kacang merah sudah benar-benar empuk, masukkan gula sekitar 150 g. Setelah 10 menit, tambahkan gula dengan jumlah yang sama dan sejumput garam. Gula akan larut secara alami. Ingat, tidak boleh diaduk.

Cicipi rasanya. Jika rasa sudah pas sesuai selera anda, panggang mochi sampai kongari (berwarna coklat keemasan hasil pembakaran) lalu taruh di dalam mangkuk. Tuangkan zenzai yang baru matang.

Hmm… harumnya mochi bakar pasti mengundang selera. Jika memasak dengan hati, rasanya pasti enak… Ayo, semuanya, gohandes-yo (mari kita makan)!

img_8024

 

umemura_profileUmemura Akiyo
Lahir tahun 1942 di Yamaguchi, Jepang. Tinggal di Indonesia sudah lebih dari 30 tahun. Saat ini tinggal di Depok, Jawa Barat. Selain memasak, ia juga pandai menulis shodo (kaligrafi bahasa Jepang).