untitled-1

 

Hai! Perkenalkan, saya Harmoko Aguswan. Panggil saja, Moko. Saya akan mengajak Anda untuk menyantap makanan yang rasanya ‘berbahaya’ dan ‘gawat’!
Di edisi pertama ini, saya mau memperkenalkan Anda dengan Bakso Aan. Siapa, sih, yang enggak kenal bakso? Daging sapi giling dibentuk bulat dan biasanya disajikan dalam mangkuk dengan kuah yang panas. Slurrp!

Kali ini, baksonya beda banget dari bakso Jawa atau yang biasa dijual dengan gerobak. Bakso Aan ini berpusat di Medan. Resep turun menurun dari sang kakek yang diwariskan ke cucu ini juga hadir di Jakarta sejak 2014.

Andalan Bakso Aan adalah bakso urat dengan daging sapi iris. Bentuknya tidak bulat sempurna, tetapi lebih pada kumpulan urat sapi yang disatukan saja. Biasanya urat terasa agak alot dan kenyal. Namun, bakso urat di sini empuk sekali, seperti daging halus, dan rasanya meleleh di mulut. Bakso urat, enggak bulat, tetapi nikmat. Mereka juga menyediakan mi kuning khas Medan, bihun, atau kwetiau. Boleh pilih, bebas!

Kuahnya yang ngebul ditambah wanginya daun ketumbar (coriander) dan daun bawang membuat saya tak sabar menyantap! “Sluurrpp…” Kuahnya yang gurih itu saya tambahkan sambal khas tempat ini. Sambalnya tidak begitu pedas, ada banyak bawang putih cincang, berwarna oranye, dan sedikit manis.

Sambal di sini, jika ditambahkan ke kuah, tidak merusak rasa, malah menguatkan dan menjadikannya lebih segar. Rasanya… GAWAT! Kalau kepedesan langsung tenggak es jeruk Kietna yang manis, asam, khas Medan banget. Segar…!

Sudah, deh, daripada cuma bayangin, langsung saja datang ke Bakso Aan di Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Tempatnya tidak begitu besar, tetapi bersih dan nyaman. Satu porsi bakso cuma Rp. 40.000. Memang, sih, lebih mahal dibanding bakso Jawa pada umumnya. Namun, kalau dapat rasa yang ‘gawat’, masih mau nawar? Nothing beats Bakso Aan!

Bakso Aan
Pusat: Jl. Singa No.163/9B Medan
Jam Buka: 10:00-19:00
Cabang: Jl. Ruko Elang Laut Blok B No.7, Pantai Indah Kapuk, Jakarta
Buka setiap hari jam 09.00-21.00
Tel: 021-29219128

Tutup:
setiap hari Minggu kedua dan keempat dalam sebulan serta hari raya