sushikuni_r005847

Kuniba berdiri di belakang meja konter.

Kokuba Yoshimitsu adalah generasi kedua itamae (koki) Sushi Kuni. Kakeknya seorang nelayan. Tepi laut tepat berada di belakang rumah keluarganya. Sejak kecil, ia terbiasa memotong ikan hasil tangkapan kakeknya lalu membakarnya. Setelah itu, ia mendapatkan pelajaran dari ayahnya sebagai itamae dan kini ia dipercaya menjadi itamae.

Makanan khas kedai ini adalah Kobore-Uni-Don (landak laut yang tumpah dari mangkuk). Landak laut tebal di atas nasi yang disajikan di dalam mangkuk. Tidak ada sedikit pun ruang kosong dan ada sedikit “tumpahan” landak laut di piring tatakan bawahnya untuk dekorasi.

Landak laut yang dipakai seberat 150 gram. Landak laut yang begitu banyak pun langsung bisa dihabiskan. Meleleh di dalam mulut, meninggalkan aroma manis yang khas. Enak rasanya walau tidak ditambahkan apa pun. “Landak laut ada yang bagus dan ada yang tidak. Untuk mencari yang bagus, agak sulit. Perlu pengalaman,” kata Kokuba.

Setiap pagi, melihat seluruh landak laut di pasar Tsukiji, membeli barang-barang terbaik. “Seperti mencari benda berharga. Anda juga bisa memesan melalui e-mail dan fax. Namun, kalau ingin lebih yakin, lebih baik membeli dengan melihat langsung. Tidak ada rencana membuka toko di luar negeri. Saya bermimpi orang dari seluruh dunia datang ke toko saya dan merasakan bahwa makanan Jepang itu sangat lezat,” ujar Kokuba.

sushikuni_r005772
Sushi Kuni
4-14-15 Tsukiji, Chuo-ku, Tokyo
Tel: +81(0)3-3545-8234
Buka: 10:00-15:00, 17:00-21:00 (hari Minggu dan hari libur nasional, hanya makan siang) Tutup hari Rabu

TSUKIJI
Menyenangkan dan Mengenyangkan