_dsf1185Ayah saya berasal dari Surabaya, orang Indonesia keturunan Arab. Ia menyelesaikan pendidikan di Shinshu University di Nagano, Jepang. Ibu saya bekerja di sebuah perusahaan di Nagano setelah berkuliah di Amerika Serikat. Di Nagano, mereka bertemu dan menikah. Karena keduanya memiliki pengalaman hidup di luar negeri, pemikirannya begitu ‘internasional’. Saya sangat menyadari tentang dunia ini karena bolak-balik Indonesia-Jepang. Bahkan, saya menggambar peta dunia ketika saya masih di sekolah tingkat taman kanak-kanak.

Saya memutuskan untuk belajar mengenai hubungan internasional karena saya sangat tertarik dengan keadaan dunia. Walaupun demikian, saya menggantinya menjadi manajemen internasional. Semuanya melakukan kontribusi untuk dunia, termasuk penggagas NPO (organisasi nonprofit) pun punya kebisaan manajemen. Organisasi tanpa uang tidak bisa berjalan. Saya juga ingin berkontribusi pada masa depan Indonesia dengan bisnis yang saya miliki.

Bisnis saya adalah menjual cheesecake dengan teknik ala Jepang. Namun, saya tidak menjual barang yang langsung didatangkan dari Jepang ke Indonesia. Ini seharusnya menjadi percobaan untuk menerapkan sistem produksi Jepang di Indonesia di masa yang akan datang. Saya memulai ini karena sulit untuk membuat produk buatan Indonesia sebagai langkah awal.

Sebenarnya, Indonesia punya banyak produk makanan yang lezat. Sayangnya, makanan-makanan ini tidak begitu menarik perhatian dunia karena tidak memiliki kemasan yang menarik atau pun cerita yang berarti. Nilai-nilai itu dibutuhkan untuk buah tangan. Menurut pengalaman saya membuat cheesecake DORÉ, saya ingin menantang diri untuk mengembangkan produk yang dibuat di Indonesia sehingga juga bisa bersaing di dunia.

Semua orang mencintai tempat mereka bertumbuh besar, ‘kan? Saya pikir, itulah patriotisme. Saya bangga mempunyai dua negara yang saya cintai.

_dsf1215DORÉ by LeTAO
Ada berbagai macam cheesecake: Fromage, Café Au Lait Fromage, Chocolate Fromage, dan lain-lain. Bisa dipesan melalui www.dorebyletao.com atau SMS/WhatsApp (0812-3334-5888).

Riki Kono Basmeleh
Lahir pada 1989 di Jepang. Ayahnya orang Indonesia dan ibunya orang Jepang. Ia bersekolah di SD di Surabaya dan Nagano, SMP di Surabaya, SMA di Singapura, dan kuliah jurusan manajemen internasional di sebuah universitas di Sydney, Australia. Setelah ikut serta membangun website untuk orang asing di Jepang, ia membangun Omiyage Inc. Indonesia di Jakarta yang menjual cheesecake DORÉ yang bekerja sama dengan LeTAO dari Jepang.

Portrait of Millennials Introduction