Membuat masakan ini sangat mudah, Anda hanya memanggang daging ayam setelah merendamnya terlebih dulu. Ketika direndam dalam santan kelapa, daging dada ayam bisa menjadi lebih lembut dan juicy. Rasanya pun lebih segar bila diberi perasan lemon dan daun-daun rempah alami. Untuk menonjolkan karakter rasanya, beri potongan-potongan mentimun.

Gunakan saus kecap ikan (di Thailand disebut nam pla, sedangkan di Vietnam nước mắm). Kecap ikan berasal dari hasil fermentasi dengan penambahan garam pada ikan. Mungkin bagi sebagian orang, kecap ikan berbau kurang sedap. Bau ini akan hilang ketika dipanaskan, tetapi rasa gurih dari kecap ikannya masih tetap kuat terasa.

Agar Anda lebih mudah menyantapnya, sebaiknya daging ditusuk sebelum dipanggang. Jika daging ayam masih berkulit, tusuk-tusuk daging ayam dengan garpu agar bumbu-bumbu mudah meresap. Bisa juga menggunakan daging ayam bagian paha dan sayap. Rasanya sama lezatnya. Resep ini menggunakan daun mint dan daun ketumbar sebagai bumbu rempah segarnya. Peterseli dan kemangi juga sangat cocok.
nao02_bahan
Bahan
daging dada ayam utuh (sekitar 700 g)
bawang putih 1 siung
rempah segar (seperti daun mint, ketumbar, peterseli, kemangi, dll) sesuai selera
cabai sesuai selera
mentimun sesuai selera
minyak sesuai selera
perasan setengah buah lemon (sekitar 2 sendok makan)

A:
santan instan 2 sendok makan
air 2 sendok makan
kecap ikan 2 sendok teh

Cara Masak
1. Potong daging dada ayam seukuran sekali suap. Parut atau haluskan bawang putih. Campur A dan bawang putih dalam mangkok. Lalu, rendam potongan daging ayam selama kira-kira 30 menit.

2. Sambil menunggu daging direndam, cuci bumbu rempah segar lalu tiriskan. Iris-iris cabai sesuai selera. Jika tidak suka pedas, Anda bisa membuang bijinya terlebih dulu. Selanjutnya, kupas mentimun lalu buang bijinya. Potong berbentuk dadu.

3. Rangkai potongan ayam yang sudah direndam menjadi satai.

4. Panaskan penggorengan dengan sedikit minyak. Panggang ayam dengan api sedang. Setelah daging hampir matang, tuang perasan lemon dengan cara melingkar lalu diamkan sejenak. Bolak-balikkan satai agar perasan lemon meresap. Setelah perasan lemon dan sari daging ayam hampir habis, hidangan siap disajikan. Sempurnakan sajian dengan potongan mentimun, cabai, dan rempah-rempah segar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERANishimiya Nao
Sudah 7 tahun tinggal di Bandung bersama suami dan dua ekor kucingnya. Suka makan, memasak, dan cinta Kota Bandung.