Kite masih di Jakarta nih! Sejauh ini, kita sudah mencoba banyak macam olahan ayam yang biasanya dimakan dengan nasi. Kali ini, yuk, kita coba perpaduan ayam dan mi. Gampang banget, ‘kan, cari mi ayam di Jakarta? Namun, yang enak masih jarang. Mi yang satu ini termasuk yang ‘jarang’ itu.

ayamkikou05_DSCF9745

Meski masih satu keluarga dengan mi ayam lain, mi karet Krekot ini berbeda. Bersih dan polos. Itu kesan pertama saya dengan hidangan ini. Warna dalam mangkuk tidak cukup beragam ketika dihidangkan. Hanya warna kekuningan dari mi dan warna putih dari ayam. Namun, di atas meja juga disediakan daun bawang potong yang bisa diambil sesuai selera. Saya mengambil sejumput saja untuk memberi warna di atas mangkuk ayam yang legendaris itu.

Warna boleh monoton, tetapi soal rasa boleh diadu. Rasanya seperti makan sup ayam kampung dengan mi yang ukurannya lebih besar daripada biasanya dan lebih kenyal. Mi spesial ini biasa disebut dengan mi karet.

Ayamnya hanya direbus dan kaldu murninya digunakan sebagai kuah pendamping. Mi ini tak hanya lezat, tetapi juga bergizi tinggi. Anda juga bisa memilih bagian ayam mana yang Anda suka, paha atau dada? Boleh pilih…

Menurut saya, rasanya betul-betul ‘rumah’. Saya jadi teringat ketika sedang flu atau demam. Makanan yang paling cocok dan nyaman saat itu adalah sup ayam kampung buatan ibu. Ingatkah Anda dengan sup ayam buatan ibu?

Pemilik restoran, Ami (76), menceritakan bahwa resep bakmi ayam ini didapatkannya dari kakaknya yang kini bertransmigrasi ke Australia. “Dari mana asal mi ini? Bangka Belitung ‘kah?” tanya saya, “Bakmi ini dari Jakarta karena saya lahir di Jakarta dan bakmi ini sudah ada,” jelasnya. Ami masih sibuk melayani pelanggannya, karena sudah lanjut usia, tugasnya kini mejadi kasir di sana.

Bakmi Ayam Karet: Rp.32.000

05DSCF9712
Bakmi Ayam Karet Krekot
Lokasinya berseberangan dengan stasiun sawah besar. Berada di sebuah jalan utama tapi penampilan luar warung ini cukup sederhana. Terlihat sempit dari luar, tapi ketika masuk ke dalam, kapasitasnya mencapai 30 orang. Anda bisa melihat pembuatan mi ayam-nya langsung karena dapurnya terbuka. Pelayanannya cepat dan sistemnya langsung pesan di dapur yang berada ditengah-tengah warung.
Jl. K.H. Samanhudi No.6, Pasar Baru, Jakarta Pusat.
T: –
Buka: Senin-Minggu (07.00-17:00)
Tutup: tidak tutup meski hari libur nasional