Saya masih ingat saat pertama kali makan ayam betutu di Ubud, Bali. Waktu itu, saya nyaris saja mengeluarkan sumpah serapah karena tak tahan dengan pedasnya. Namun, seperti sudah diberi mantra, saya tidak bisa berhenti menyantap.

Kini, tak perlu pergi jauh ke Bali untuk menikmati ayam betutu. Saya cukup mendatangi rumah makan Bale Lombok. Ayam betutu di sini disajikan secara paket. Pendampingnya adalah nasi putih, sayur urap, potongan mentimun, kacang, dan sambal matah. Urap adalah campuran sayur-mayur yang diberi parutan kelapa. Melihatnya saja, saya sudah membayangkan pemandangan alam khas Bali yang cantik.

Saya suka dengan aroma dan rasa kencurnya yang begitu kuat. Menjadikan rasa pedasnya begitu berkarakter. Hidangan ini menimbulkan sensasi panas di dalam tubuh. Ada pula sambal matah yang mendampingi. Saya bisa mengira seperti apa pedasnya. Namun, bukannya gentar, saya malah semakin tergoda untuk menyantapnya. Untungnya, sayur urap dan mentimun yang mendampinginya cukup untuk mendamaikan rasa panas itu.

Sayangnya, sambal matah yang berisi potongan bawang merah pun dibuat tidak terlalu pedas. Cabai yang dipakai hanya cabai rawit biasa, bukan cabai Lombok. Ini untuk menyeimbangkan ayam betutu yang memang sudah pedas. Bijak juga, ya. Kalau sambal dan ayam sama-sama pedas, bisa-bisa pengunjung malah tersiksa dan tidak kuat menghabiskan pesanan mereka.

Uniknya, meski menimbulkan sensasi panas, sajian ini lebih cocok disantap saat makan siang daripada makan malam. Ini terlihat dari banyaknya orang yang memesan ayam betutu untuk makan siang. Mereka seakan tak peduli dengan hawa panas siang hari di luar. Jangan-jangan, seperti saya, mereka juga tersihir dengan eksotika Pulau Dewata di atas piring.

Harga: Rp.42.000 (Paket Ayam Betutu Komplit, isi: satu potong ayam, nasi putih, sayur urap, dan sambal matah. Belum termasuk pajak 10%.)

09DSCF2577Bale Lombok

Ayam betutu di sini begitu populer. Bahkan, banyak orang memesan paket ayam betutu sebagai makan siang untuk rapat dan acara-acara kementerian. Rumah makan ini secara konsisten menggunakan ayam dengan berat kurang lebih 400 gram. Dalam sehari, 200 ekor ayam bisa ludes. Ingin memesan ayam betutu seekor utuh pun bisa. Harganya Rp.130.000. Namun, Anda harus memesan sehari sebelumnya.
Jl. Tanah Abang 2 No.103
T: +62(0)21-3520-667 / +62(0)21-3844-912
Buka: Senin-Minggu (10:00-21:00)
Tutup: Hari Raya Idul Fitri dan Tahun Baru
Cabang: Lippo Mall Puri Lantai 2, St. Moritz, Jl. Puri Indah Boulevard Blok U No.1, Puri Indah; Kuningan City Lantai 3, Jl. Prof. Dr. Satrio, Kuningan
– Ada smoking area
– Ada 2 VIP room
– Ada tempat makan lesehan