Siapa pun yang pertama kali melihat sajian ini barangkali tak akan tergoda. Ayam pop adalah ayam tanpa kulit. Warnanya putih dan sedikit mengilat. Namun, coba cium aromanya, suwir dagingnya, lalu colek dengan sambal. Seperti kami, Anda pasti tergoda untuk melahapnya sampai tuntas.

Ayam pop dibuat melalui dua metode memasak. Pertama, direbus bersama air kelapa serta rempah-rempah seperti daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai. Setelah air tampak habis, ayam diangkat dan ditiriskan. Lalu, ayam digoreng sebentar saja. Unik, bukan? Maka, wajar saja rasanya pun unik. Keunikan inilah yang menempel lekat dalam ingatan saya sejak kecil. Lalu, rumah makan mana yang punya ayam pop paling enak?

Ayam pop di Restoran Garuda sungguh juara! Ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Ketika menyuwir-nyuwir dagingnya yang empuk, saya merasakan sensasi yang mengasyikkan. Setiap suwiran saya colek ke dalam sambal pendamping yang rasanya semakin memicu produksi air liur. Sambalnya tak pedas, justru gurih dan sedikit manis.

Sungguh, tak henti-hentinya saya menikmati. Apalagi, bumbunya meresap hingga ke tulang. Begitu nikmatnya sampai-sampai saya lupa menyantap nasi putih yang sudah terhidang dari tadi.

Rasanya, menyantap sepotong saja tak cukup. Sebenarnya 1 ekor ayam pun bisa saya habiskan malam itu. Kecanduan. Ah, mungkin itu alasannya mengapa restoran ini buka 24 jam. Banyak orang sudah kecanduan ayam pop di sini.

Harga: Rp.19.000 (satu potong ayam, belum termasuk pajak 10%)
 
 
03DSCF9637Restoran Garuda
Didirikan sejak 1976, rumah makan Padang ini populer hingga Singapura. Restoran ini juga dinobatkan sebagai peringkat 79 restoran terbaik di Asia versi The Daily Meal pada 2011. Anda bisa langsung saja duduk tanpa perlu memesan. Pramusaji akan dengan cekatan membawa dan menata lauk-pauk di atas meja. Anda juga bisa memesan sendiri secara rames di meja etalase.
Jl. H. Agus Salim/Sabang No.59, Menteng
T: +62(0)21-3193-5881
Buka: Senin-Minggu (24 jam)
Tutup: Hari Raya Idul Fitri
Cabang di Jakarta: Jl. Pluit Putra Raya No.16; Jl. Hayam Wuruk No.100; Jl. Sultan Iskandar Muda / Arteri Pondok Indah 79 D; Jl. Raya Boulevard Barat Blok LA I No.1, Kelapa Gading
– Ada smoking area
– Ada AC