Te…sate…” Masihkah ada penjual satai berkeliling di sekitar rumah Anda? Sudah sangat jarang kita mendengar seruan khas tersebut, bukan? Tukang satai keliling dengan logat Madura yang kental.

Sekarang, mengharapkan tukang satai yang benar-benar khas Madura lewat di depan rumah mungkin seperti menanti kucing bertanduk. Nah, cari saja di Sate Sambas. Di sini, ada 5-6 gerobak satai khas Madura. Para penjajanya adalah orang Madura.

Saya bertanya pada tukang parkir, mana yang paling disukai. Namun, ia seperti ragu-ragu menjawab. Beruntungnya saya, salah seorang pengunjung diam-diam memberi rekomendasi. Menurutnya, Sate Ayam Udin Kelana adalah yang paling enak. Ukuran potongan-potongannya lebih besar, tetapi harganya lebih terjangkau dibandingkan gerobak-gerobak lain. Tukang parkir pun manggut-manggut tanda setuju. Maka, saya putuskan mencoba Sate Ayam Udin Kelana. Di gerobaknya ada tulisan, jadi tidak bingung mencarinya.

Di balik etalase, terlihat tumpukan satai yang belum dibakar. Ada satai yang terdiri dari daging saja, ada juga yang campur. Isian satai campur terdiri dari kulit ayam, daging ayam, dan telur muda (uritan). Sebenarnya, penjualnya bilang ada hati ayam juga, tetapi saya tidak menemukannya di atas piring saya. Mungkin sudah habis, ya.

Satu porsi satai berisi 10 tusuk satai yang empuk-empuk. Matangnya pas sekali. Bumbu kacangnya kental dan manis. Sama sekali tidak pedas. Namun, kalau mau, bisa bubuhi sambal dalam botol yang ada di atas meja.

Harga: Rp.20.000 (Sate Daging), Rp.30.000 (Sate Campur, isi: kulit, daging, telur muda/uritan), +Rp.5.000 (lontong)

08DSCF9414Sate Sambas
Bersama gerobak-gerobak lain, Sate Ayam Udin Kelana sudah hadir di Sate Sambas sejak 1975. Awalnya, gerobak-gerobak itu berada di depan pasar. Kini, sejak lima tahun yang lalu, bagian depan pasar telah dibangun gudang penampungan. Akhirnya, gerobak-gerobak Sate Sambas berpindah ke belakang gudang tersebut.

Ada cerita bahwa di sini ada penjual yang sering memberi harga ‘tembak’. Jadi, alangkah baiknya pastikan dulu harganya sebelum memesan. Menurut pengunjung yang memberi rekomendasi, penjual Sate Ayam Udin Kelana adalah penjual yang jujur. Itu juga sebabnya ia menjadi pelanggan Sate Ayam Udin Kelana.
Jl. Sungai Sambas II No.20, Kramat Pela
Buka: Senin-Minggu (16:00-01:00)
Tutup: Hari Raya Idul Fitri